Laika , makhluk bumi pertama yang menjelajahi luar angkasa

laika

PADA 53 tahun yang lalu, Laika menjadi anjing sekaligus mahluk Bumi pertama yang dikirim ke luar angkasa pada 3 November 1957. Anjing ras campuran husky Siberia ini merupakan satu-satunya penumpang dalam pesawat antariksa Uni Soviet, Sputnik 2.

Laman stasiun televisi History Channel melaporkan dia bertahan hidup selama beberapa hari dalam Sputnik 2 dengan bantuan sistem dukung hidup artifisial. Tubuh Laika dipasangi kabel-kabel elektroda untuk memberikan informasi mengenai dampak perjalanan antariksa terhadap sistem biologis makhluk hidup.

Namun akhirnya Laika mati saat baterai sistem penopang hidupnya habis. Setelah itu, sepuluh anjing Rusia lain juga diluncurkan ke luar angkasa, lima di antaranya mati. Mereka merupakan bagian dari persiapan peluncuran manusia ke luar angkasa. Kisah tentang Laika ini dapat ditemukan dalam novel grafis karya Nick Abadzis.

Pada tanggal 12 April 1961, barulah kosmonaut Rusia, Yuri Gagarin, menjadi manusia pertama yang pergi ke antariksa dengan pesawat Vostok 1. Gagarin satu kali mengorbiti bumi dan mendarat dengan selamat di tanah Uni Soviet.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: