Arti dan makna dari posisi tidur manusia

HASIL sebuah penelitian menyebutkan, posisi tubuh sewaktu tidur sesungguhnya mengatakan siapa kita sebenarnya dan bagaimana sepak terjang kita dalam keseharian. Apa makna posisi tidur Anda?

Hasil penelitian Prof. Chris Idzikowski, direktur Sleep Assessment & Advisory Service, yang dilakukan terhadap 1.000 partisipan, menemukan ada enam posisi tidur paling umum yang mengindikasikan tipe-tipe kepribadian.

Posisi tidur bisa dibilang sebagai bahasa tubuh yang paling jujur karena sikap tidur terbentuk di bawah sadar. Yang menarik, profil kepribadian di balik postur tubuh sewaktu tidur amat berbeda dari yang kita harapkan. Tak hanya itu, posisi tidur ternyata juga berkorelasi dengan aspek kesehatan.

Mereka dengan posisi tidur tertentu akan mengalami gangguan tidur akibat mendengkur, sementara lainnya akrab dengan masalah pencernaan. Inilah 6 posisi tidur yang mengungkap karakter kepribadian dan risiko kesehatan masing-masing.

1. Posisi Janin

Saat penelitian dilakukan, mayoritas peserta atau sebanyak 41 persen partisipan tidur dengan posisi ini, yakni bergelung/meringkuk persis janin sewaktu masih berada dalam rahim ibunya. Menurut penelitian, wanita 2 kali lebih banyak tidur dengan posisi ini.

Mereka yang tidur dengan posisi ini bisa dikategorikan sebagai pribadi yang terlihat tangguh di luar namun sebetulnya amat sensitif. Mereka sebetulnya pemalu, hanya saja bisa cepat menyesuaikan diri.

2. Posisi Gelondong Kayu

Mereka yang termasuk dalam kategori ini tidur dengan sikap sempurna. Posisi tubuh tegap dengan kedua tangan lurus ke bawah di sisi tubuh. Mereka ini adalah sosok individu yang berjiwa sosial, mudah bergaul dengan siapa saja, dapat dipercaya, meski tak jarang amat mudah menjadi korban penipuan.

Hasil penelitian menyimpulkan sekitar 15 persen populasi manusia tidur dengan posisi lurus seperti gelondong kayu ini.

3. Posisi Miring

Posisi tidur yang juga paling banyak digemari adalah posisi miring dengan tangan di depan. Posisi tidur yang mengundang belas kasihan ini ditunjukkan oleh sekitar 13 persen partisipan.

Mereka yang tidur dengan posisi ini dikategorikan sebagai individu yang berpikiran terbuka, kritis terhadap apa saja, cenderung bersikap sinis dan gampang curiga, berpendirian kuat dan selalu memegang teguh janji maupun keputusan yang telah diambilnya.

4. Posisi Tentara

Dikatakan seperti tentara karena mereka tidur dengan posisi telentang sementara tangan lurus dan merapat ke tubuh. Sekitar 8 persen partisipan tidur dengan posisi tegap seperti ini. Dalam kondisi terjaga, mereka yang tidur dengan posisi ini adalah sosok individu yang selalu berhati-hati, pendiam, suka menyendiri.

Orang ini juga menyukai ketenangan dan cenderung mengalah karena enggan bertengkar. Mereka tergolong pribadi perfeksionos karena menetapkan standar nilai yang tinggi bagi dirinya sendiri maupun orang lain.

Mengingat posisi punggung rata ke alas tidur, mereka yang tidur dengan posisi tentara ini memiliki kecenderungan tinggi untuk mendengkur. Akibatnya, porsi tidur mereka yang benar-benar terlelap sebetulnya relatif sedikit.

5. Posisi Terjun Bebas

Penidur dengan posisi ini membaringkan tubuhnya dengan beralaskan perut. Sementara tangannya berada di bawah bantal atau memeluk bantal yang berada di atas kepalanya. Sedangkan kepalanya menoleh ke salah satu sisi, ke kiri ataupun kanan.

Ada sekitar 7 persen partisipan yang tidur dengan posisi ini. Mereka yang tidur dengan posisi terjun bebas ini bisa dikategorikan sebagai sosok individu yang cenderung nyeleneh, meski umumnya mereka pribadi yang hangat dan amat ramah pada siapa saja. Sayangnya, mereka sangat tidak suka mendapat kritik.

6. Posisi Bintang Laut

Kategori penidur dengan posisi ini akan merebahkan tubuhnya dengan posisi terlentang dimana tangannya berada dekat kepala atau bantalnya. Konsekuensinya, mereka jadi gampang mendengkur dan menderita kurang tidur.

Hanya ada sekitar 5 persen partisipan yang tidur dengan posisi ini. Mereka yang tidur dengan posisi ini konon adalah sosok penolong karena mampu menjadi pendengar yang baik. Mereka lebih suka berada di belakang layar karena umumnya merasa sangat tidak nyaman bila menjadi pusat perhatian.

Tak perlu merasa aneh jika Anda ternyata menjadi “penganut” semua posisi tidur di atas. Dalam riset pun terungkap, umumnya orang berada dalam posisi tidur yang sama sepanjang malam. Hanya sekitar 5 persen yang berubah posisi dari waktu ke waktu. Yang tak kalah menarik, pasti ada 1 di antara setiap 10 orang yang menyelimuti seluruh tubuhnya dari ujung kaki sampai ujung rambut!

Nah, itu tadi berapa arti dan makna dari posisi tidur kia, menciptakan kondisi tidur yang berkualitas adalah hal yang pentig dan menentukan kondisi kamu saat terbangun nantinya. Jadi penting untuk kita memperhatikan posisi tidur, usahakan dalam posisi senaman mungkin ya, jadi kamu masuk kategori posisi yang mana nih?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: