Gile ! Penjara ini mirip hotel bintang 5 ,gua juga tahan kalau kayak gini !!

penjara bintang lima

Siapa bilang penjara hanya menyuguhkan kesan kumuh, angker dan tak manusiawi. Mau bukti? Penjara Leoben Justice Centre di Steiermark, Austria, didesain mirip dengan hotel bintang lima.

Penjara bintang lima tersebut merupakan kreasi arsitek Josef Hohensinn. Selesai dibangun pada November 2004, penjara yang hanya dapat menampung 205 narapidana ini langsung habis dipesan.

“Tidak ada yang bisa berbicara tentang mewah, dan memang bukan soal uang. Tetapi keinginan positif menciptakan sebuah arsitektur bangunan untuk kehidupan yang lebih menyenangkan,” ujar Josef Hohensim, seperti dilansir stgo.es.

Ada dua tulisan di sekeliling penjara: “Semua manusia dilahirkan bebas dan sama dalam martabat dan hak,” dan “Setiap orang yang dirampas kebebasannya harus diperlakukan manusiawi dan martabat yang melekat pada manusia harus diperlakukan secara hormat.”

Dua kalimat ini diambil dari Perjanjian Internasional tentang Hak Sipil dan Politik.

Josef Hohensinn membuat fasad bangunan dengan tata letak ruang berkonsep seni yang memenuhi standar tertinggi Austria. Rancangan Josef didesain agar narapidana dapat bergerak bebas di antara sel-sel dan ruang komunal.

Josef juga menciptakan kemungkinan agar para narapidana dapat menghirup udara segar. Ada tiga halaman di dalamnya dengan dinding-dinding tempat duduk beton berkelok-kelok yang cukup artistik dan hijau.
Hohensinn memberi sentuhan ceria dengan menaruh kursi warna-warni agar narapidana dapat bersantai sambil menikmati pemandangan dari balik kaca kaca bening.

Semua itu jauh dari estetika penjara tradisional yang selama ini dibilang cukup menyesakkan.

“Selama ini para narapidana telah mengalami perampasan kemerdekaan,” ujarnya

Hmmm…ARTALITA JILID DUA…

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: