Lukisan tertua murid Yesus ditemukan

Tim pemugar karya seni di Italia telah menemukan mahakarya seni berupa lukisan tertua yang menggambarkan beberapa murid Yesus. Demikian keyakinan para pemulih karya seni dan pejabat Vatikan yang membiayai proyek pemugaran tersebut.

Lukisan yang menggambarkan wajah Andreas, Yohanes, Petrus, dan Paulus ditemukan di sebuah kuburan bawah tanah di Roma. Lukisan itu diperkirakan dibuat pada pertengahan abad IV atau awal abad V.

Gambar-gambar tersebut memengaruhi penggambaran para pengikut awal Yesus yang dibuat. ”Ini gambar-gambar pertama yang kami tahu tentang wajah keempat murid tersebut,” ujar Fabrizio Bisconti, pimpinan arkeologi yang telah melakukan penggalian di pelbagai makam bawah tanah di Roma.

Karya seniman klasik dunia, Frescoe, di sebuah makam bangsawan Romawi di Katacomba Santa Tecla memang sudah lama diketahui. Namun, detail karya seni itu baru bisa terlihat selama proyek pemugaran yang berlangsung dua tahun tersebut.

Gambar-gambar tersebut dapat terlihat dengan teknologi laser baru yang memungkinkan tim pemulih karya seni menyingkirkan lapisan kalsium karbonat putih yang muncul akibat kelembaban ekstrem dan kekurangan udara.

“Laser menciptakan semacam letupan uap ketika berbenturan dengan kalsium karbonat untuk melepaskannya dari permukaan,” kata Barbara Mazzei, penanggung jawab proyek.

“Penemuan ini sungguh menggugah emosi,” imbuhnya.

Dalam kitab umat Kristiani, Andreas, Petrus, dan Yohanes termasuk 12 murid awal Yesus. Paulus adalah orang Kristen awal yang berpengaruh. Dia melakukan banyak perjalanan di kawasan Mediterania pada abad I. Surat-suratnya yang ditujukan kepada gereja-gereja awal, seperti ditemukan dalam Perjanjian Baru, disebut sebagai dokumen paling berpengaruh dalam pemikiran Kristiani.

Iklan

2 Tanggapan

  1. […] Related post : […]

  2. Hmm…menarik juga.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: