Pembalap wanita pertama di dunia


Dia adalah Paola Cazzola. Wanita 32 tahun asal Vicenza Italia berjuluk “Valentino Rossi in Pink”. Wanita berambut panjang ini menjadi pembalap motor wanita pertama yang berlaga di World Super Sport.

“Saya akan menjadi perempuan pertama yang akan ambil bagian di persaingan selama satu musim penuh. Dan saya bangga bisa ikut berpartisipasi. Saya harap saya bisa menjadi wanita pertama yang bisa mendobrak pintu olahraga yang sampai saat ini masih didominasi kaum pria. Saya ingin membuka jalan untuk banyak wanita lainnya,”

Pembalap cantik kelahiran 29 September 1977 itu sangat bersemangat di trek jalur cepat balap motor. Di pentas Supersport musim 2010 ini, ia menggunakan sepeda motor Honda CBR600RR bersama tim Kuja Racing.

Musim ini merupakan debut pertamanya di Supersport. Ia akan bersaing di 13 seri balapan secara tuntas. Dua seri ujicoba Supersport dan dua race sudah digelar.
Ujicoba dimulai dari Portimao 24 Januari silam, dan kemudian ujicoba kedua dan terakhir di Philip Island.

Race seri pertama dimulai dari Philip Island, Australia dan dilanjutkan dengan race di Portimao yang baru saja selesai digelar pekan lalu.

Paola memang belum menjadi pembalap tercepat di dua seri ujicoba dan dua race tersebut. Namun sebagai pembalap rookie yang baru mulai mengenal trek sikuit dan menggunakan sepeda motor tipe baru, prestasinya tidak buruk.

Pada daftar klasemen sementara ia berada di peringkat 17 dengan koleksi 4 poin yang diraihnya. Poinnya sama dengan poin yang diraih oleh pembalap asal Swiss, Bastien Chesaux yang peringkatnya satu tingkat ada di atasnya.

Di ujicoba pertama ia menempati posisi Ke-13, menempuh 101 laps catatan waktu best timenya 1 menit 49,553 detik. Kemudian di seri kedua posisinya melorot ke peringkat 17. Seri berikutnya di tempat yang sama ia mampu memperbaiki performa dengan naik ke peringkat 14. Dan di seri Portimao ia berada di peringkat 16.

Dua seri berikut yang akan dihadapi adalah seri Valencia Spanyol dan Assen Belanda.
Perjalanan kerier berkecimpung di balap sepeda motor sudah dirintis lima tahun silam. Di tahun 2005, 2006, dan 2007, Cazzola adalah pemenang balap motor wanita Italia, Italian Woman Championship. Selain itu ia juga menjadi pembalap wanita pertama yang memenangkan balapan di ajang R6 Metzler Cup yang ia menangkan saat seri balap yang digelar di Sirkuit Valleglunga yang lokasinya dekat dengan Kota Roma.

Bahkan sebelum tahun 2005 pun, ia sudah menjajal arena balapan motor lain yang lebih keras, yaitu balapan motocross.

Iklan

Satu Tanggapan

  1. wowww ngeri juga ni…….

    kalau diindonesia siapa yang jadi pertama????

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: