Top 10 mobil ramah lingkungan tahun 2010

MOBIL apa yang paling ramah terhadap lingkungan tahun 2010 ini. Kelley Blue Book merilis dan memilih kendaraan pari ramah lingkungan bertajuk 2010 Top 10 Green Cars. Daftar ini terdiri dari sepuluh mobil yang disusun berdasarkan banyak variabel dan bukan efisiensi bahan bakar saja.

Seperti dirilis situs otomotif ternama mobilku.com. Kelley Blue Book merupakan situs otomotif berbasis di USA yang menjadi acuan bagi calon pembeli mobil bekas. Dalam daftar itu bukan cuma mobil hybrid, juga mesin diesel dan mesin bensin konvensional. “Agar bisa masuk dalam daftar sepuluh besar, tiap mobil harus menunjukkan efisiensi bahan bakar terbaik dan keunggulan emisi CO2 di kelasnya. Pada saat yang sama juga aman, nyaman dan nikmat di kendarai yang membuat senang pemiliknya,” kata Kelley Blue Book.

Toyota Prius kembali menjadi puncak sebagai daftar 10 besar. Toyota Prius memiliki efisiensi bahan bakar 51mpg dikota dan 48mpg di tol. Salah satu keunggulan Prius terletak pada full-hybrid system yang memungkinkan mobil beroperasi hanya dengan motor listrik saja, mesin bensin bensin saja atau kombinasi keduanya.

Di posisi kedua generasi kedua Honda Insight Hybrid yang diluncurkan hampir bersamaan dengan Prius generasi ketiga. Insight merupakan hybrid termurah di Amerika Serikat saat ini. Berdasarkan rating EPA, efisiensi Honda Insight merupakan 40mpg di kota dan 43 di jalan tol. Teknologi yang dipakai adalah Integrated Motor Assist, kombinasi mesin bensin empat silinder dengan motor listrik. Berbeda dengan Prius, Insight tidak bisa beroperasi hanya dengan motor listrik.

Diposisi ketiga, Ford Fusion Hybrid yang memiliki rating EPA 41mpg kota dan 36mpg jalan tol. Model ini punya kembaran dengan nama Mercury Milan. Keempat, Volkswagen Golf TDI menggunakan mesin empat silinder turbo diesel. Mesin ini sangat efisien dan rendah emisinya. Rating EPA adalah 30mpg di kota dan 42mpg di tol. Diposisi kelima selanjutnya, yakni MINI Cooper, inilah mesin bensin paling hijau dalam daftar Kelley Blue Book. Rating EPA 28mpg dan 37 mpg di tol. Selain efisiensinya, faktor interior lapang dan kenikmatan mengemudi menjadi nilai lebih.

Ford Escape Hybrid, sekaligus SUV tertinggi di daftar ini. Escape Hybrid menggunakan sistem yang mirip di pakai Ford Fusion.  Bersama kembarannya Mercury Mariner Hybrid, rating EPA adalah 34 mpg di kota dan 31 mpg di tol. Honda Fit diposisi ke 7 atau di sini dikenal sebagai Honda Jazz. Bermesin bensin empat silinder, Jazz menawarkan efisiensi 28 mpg di kota dan 35 di tol untuk versi matik dan 27 mpg di kota dan 33mpg di tol untuk versi manual.

BMW 335d, sedan mewah pertama di daftar Kelley. Sedan ini menggunakan mesin diesel enam silinder dan memiliki rating EPA 23 kota dan 36 tol. Karena ini BMW, efisiensinya di jalan tol merupakan nilai plus yang disambut gembira pemiliknya. Di posisi ke sembilan adalah Toyota Highlander Hybrid, midsize crossover SUV yang mampu mengangkut tujuh orang dengan efisiensi 27 mpg di kota dan 25 mpg di tol. SUV ini juga memiliki sistem penggerak empat roda yang tangguh dan bisa di handalkan di salju, es, hujan atau gravel.

Di posisi 10, ada kejutan, 2010 Chevrolet Tahoe Hybrid. Inilah full size SUV Amerika yang satu-satunya yang bisa masuk dalam daftar ini. Raksasa ini biasanya identik dengan kendaraan yang rakut BBM dan punya reputasi hitam soal emisi. Mampu memuat delapan penumpang, rating EPA SUV ini adalah 21 mpg di kota dan 22 mpg di tol. Efisiensinya di kota sama dengan Toyota Camry atau Honda Accord empat silinder yang selama ini identik sebagai mobil irit. Dan nilai plusnya, SUV ini punya tenaga badak yang bisa menggeret beban hampir tiga ton.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: