Memburu Hatcher Si Pemburu Harta Karun

Michael Hatcher, pemburu harta karun yang kini gencar diburu Polri akhirnya dicekal. Warga negara Australia tersebut dicekal atas kejahatan yang dilakukannya menyebabkan kerugian hingga triliunan rupiah bagi Indonesia.

Hatcher yang lahir di York, Inggris, tahun 1940 memulai perburuan muatan kapal karamnya pada tahun 1970 dengan sebuah yacht tua yang direnovasi. Dia telah berhasil mengangkat isi kapal tenggelam di Malaysia pada tahun 1981.

Di Indonesia dia melakukannya dua kali, yaitu pada tahun 1985 di Tanjung Pinang Indonesia, dan tahun 1999 di Sumatera Selatan(di provinsi saya ini).

Hatcher dikenal dengan julukan “The Wreck Salvage King” (Raja Penyelamat Kapal Karam). Saat berhasil mengangkat kapal Geldermasen milik VOC di Karang Heliputan, Tanjung Pinang, tahun 1985-1986, Hatcher mendapatkan 126 emas batangan dan 160 ribu benda keramik dinasti Ming dan Ching. Nilainya tidak kurang dari US$ 15 juta saat itu.

Kemudian Hatcher mengangkat kapal Tek Sing di Perairan Kepulauan Bangka, Sumatera Selatan tahun 1999 lalu. Nilainya Rp 500 miliar. Kini Hatcher diduga muncul kembali di perairan Blanakan, Subang. Jika Hatcher berhasil mengangkat harta karun dari Subang, maka ini akan menjadi rekor selama karirnya. Diperkirakan porselen dinasti Ming yang tenggelam di sana tidak kurang dari US$ 200 juta.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: