Lebih baik berkumur dari pada gosok gigi

Agan pasti sering dong gosok gigi…nah mungkin agan kagak tau nih bahaya yang satu ini, niat gosok gigi ehh malah nge rusak gigi sendiri.

coba agan liat yang di bawah yukk…cekidotJANGAN langsung gosok gigi setelah mengonsumsi minuman bersoda atau minuman yang mengandung asam! Demikian pendapat Mary Hayes, DDS, juru bicara dari The Chicago Dental Society.

Kita semua tahu menyikat gigi merupakan salah satu kebiasaan yang sangat baik untuk menjaga gigi kita agar tetap sehat. Tetapi, tahukah Anda bahwa ternyata memiliki kebiasaan menyikat gigi setelah meneguk minuman “asam” hanya akan memberikan dampak yang buruk bagi kesehatan gigi kita.

Alasannya adalah, kombinasi dari asam minuman bersoda, jus, serta minuman isotonik, dan gerakan “kasar” menyikat akan mengikis email gigi kita. Inilah yang nantinya memicu gigi berlubang. Kandungan asam akan melunakkan email gigi kita sehingga lebih rentan untuk rusak ketika disikat.

Jadi, dibanding mengambil sikat gigi dan odol setiap kali selesai meminum minuman asam, seperti jus, minuman bersoda, atau minuman isotonik, lebih baik biasakan untuk berkumur dengan air putih saja. Cara ini akan membantu kita membersihkan kandungan asam dari gigi kita. Atau, kita bisa juga mengunyah permen karet bebas gula yang dapat meningkatkan produksi saliva atau air liur untuk menetralisasi asam dalam mulut.

Jika ingin tetap menggosok gigi, tunggulah kira-kira satu jam setelah mengonsumsi minuman atau makanan yang mengandung asam. Karena waktu satu jam dinilai cukup bagi asam untuk hilang dan email gigi kita untuk kembali ke kondisi asal.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: