Vakhegula Kumpulan Nenek-Nenek Pecinta Bola

Gema dan demam piala dunia telah menggeliat di mana-mana, tidak hanya anak muda tapi juga menginspirasi para wanita lanjut usia di Afrika Selatan untuk ikut bermain sepakbola secara profesional dalam sebuah tim.

Beka Ntsanwisi, Seperti dilansir Reuters, Jumat (16/4/2010), menjelaskan, selain sebagai bentuk dukungan untuk meramaikan pentas piala duDunia, mereka mengaku serius bermain bola untuk mengikuti kompetisi piala veteran yang diadakan di Lancaster, Michigan, Amerika Serikat.

Tim yang diberi nama Vakhegula yang berarti “Para Nenek” dalam bahasa Afrika Selatan ini beranggotakan 35 orang wanita berusia diatas 50 hingga 84 tahun. Vakhegula pertama kali dibentuk oleh Beka Ntsawisi, seorang pekerja sosial di Negara tuan rumah Piala Dunia 2010 ini, lima tahun yang lalu.

Ntsawisi, menceritakan, tim tersebut awalnya dibentuk karena atmosfir piala dunia yang begitu kuat di negaranya, dan sebetulnya tidak dipersiapkan untuk menjadi tim sepak bola profesional. Akan tetapi, karena sering diundang untuk ikut tampil dalam banyak turnamen, lambat laun mereka merasa aktifitasnya tak hanya sekedar mengisi waktu luang saja.

“Awalnya, tim ini dibentuk agar para nenek-nenek di sini yang mempunyai banyak aktifitas untuk menjaga kebugaran dan kesehatan,” ujar Ntsawisi.

Vakhegula sebetulnya diundang untuk turut bermain dalam Piala Veteran di Amerika, 13-18 Juli mendatang, untuk memperebutkan Piala Veteran. Dimana para orang lanjut usia yang juga nenek-nenek berkumpul untuk bermain sepakbola.

“Kami diundang bermain di Amerika. Namun saat ini masalahnya adalah saya tidak memiliki dana untuk biaya mereka,” ujar Beka.

Beka juga menjelaskan, bahwa sejauh ini mereka baru berhasil mengumpulkan uang sebanyak 130.000 rand atau sebesar US $ 17.900, dari total biaya kebutuhan seluruhnya sekitar 500.000 rand untuk dapat pergi mengikuti Piala Veteran di Amerika Serikat tersebut.

Onica Ndzovela (77), salah seorang anggota kesebelasan, menuturkan bahwa dirinya kini terasa bugar setelah ikut sepakbola nenek-nenek tersebut. Sebelumnya ia mengaku menderita sakit nyeri tulang belakang.

“Saya sekarang sehat, saya dapat mengerjakan sendiri pekerjaan rumah tangga saya,” ujar Onica yang juga berposisi sebagai bek dalam tim Vakhegula ini.


nah ..gi mana gan,.nenek aja gila bola…

Iklan

4 Tanggapan

  1. Hebat ya nenek ini. Masih kuat dan bertenaga.

    • trimakasih udh koment di sini..
      nmnya juga pnggila bola..:)

  2. […] segera punya m…Rachmad on Link Sahabatriyadi2405 on Link SahabatRachmad on Vakhegula Kumpulan Nenek-Nenek…best1of4 on Vakhegula Kumpulan Nenek-Nenek…Tips dan Trik Agar T… on Penyebab Rasa […]

  3. hahahhaa mantap ya tuh nenek,saalutt banget deh 😀
    piala dunia bentar lage neh,, yg lagi pusing nyari partner betting disini aje,,idola188 saran ane.. agen betting paling bertanggung jawab !!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: